Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09 Admin

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Jadi. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktitakn kebenarannya secara fakta.

Dongeng tentang asal muasal Desa Jadi,pada zaman dahulu di daerah Kabupaten Bojonegoro tepatnya disebelah barat laut dari arah Bojonegoro terdapat sekelompok orang yang berwatak kalang tapi jujur. Sekelompok orang tersebut dinamakan atau disebut Suku Samin atau orang jawa mengatakan wong kalang. Pada waktu itu ada perselisihan antar suku samin dan suku lain atau suku pendatang, Sehingga  orang samin tersebut kalah dan terdesak dari suku pendatang. Akhirnya suku samin keluar dari daerahnya dan pergi kea rah timur laut.Orang-orang samin tersebut membawa peralatan rumah tangga dan alat-alat dapur yang dimuat dikendaraannya yang pada zaman tersebut bernama cikar.

Pada waktu pindah saat itu sedang musim penghujan  dan pada waktu perjalanan cikar yang dibut mengangkut barang-barang tersebut terpelosok yang daerahnya  banyak sumber air dan tanahnya gembur, yang akhirnya rombongan suku samin tidak bisa meneruskan perjalanan, dan waktu itu orang-orang samin akhirnya berfikir bagaiman caranya agar cikar tersebut bisa meneruskan perjalanan.

            Orang-orang samin tersebut akhirnya menemukan pemecahan masalah untuk bisa meneruskan perjalanan,bahwa didalam cikar ada alat dapur yang berbentuk belanga (wajan) besar yang terbuat dari baja yang biasanya dipakai untukmembuat kue jenang.orang-orang samin tersebut akhirnya mengambil alat tersebut dan digunakan menutup sumber air yang ada didaerah itu. Setelah sumber air tertutup dengan alat pembuat jenang yang mana alat tersebut adalah Jadi,dan akhirnya sumber air tersebut bisa berhenti dan cikar yang terpelosok tadi bisa diangkat dan bisa meneruskan perjalanan.

Untuk mengingat kejadian tersebut orang-orang samin menamai Daerah  tersebut  dinamakan daerah Jadi atau Sekarang dikenal dengan Desa JADI.

Seiring dengan  Waktu  Jadi Menjadi Sebuah Desa Yang Bernama Desa Jadi,  Desa Jadi  terdiri dari 6 dusun yaitu: Dusun Jadi (krajan), Dusun Jarum, Dusun Gowah, Dusun Tlogonongko, Dusun Selang, dan Dusun Gembul. Tiap-tiap dusun dipimpin oleh seorang Kamituwo . Sejak terbentuk Desa Jadi telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa)  sebagai berikut :

 

  • Tahun 1942 – 1947, Desa Jadi dipimpin oleh Waijan
  • Tahun 1947 – 1949, Desa Jadi dipimpin oleh Sukandar
  • Tahun 1949 - 1968, Desa Jadi dipimpin oleh Yadi
  • Tahun 1968 – 1970, Desa Jadi dipimpin oleh Saridjan
  • Tahun 1970 – 1978, Desa Jadi dipimpin oleh Sarmadi
  • Tahun 1978 – 1990, Desa Jadi dipimpin oleh Tamat
  • Tahun 1990 (6 Bulan), Desa Jadi dipimpin oleh Karnadi
  • Tahun 1990 – 1999, Desa Jadi dipimpin oleh Suyitno
  • Tahun 1999 (7 Bulan), Desa Jadi dipimpin oleh Karnadi
  • Tahun 1999 – 2007, Desa Jadi dipimpin oleh Iskandar
  • Tahun 2007 (6 Bulan) Desa Jadi dipimpin oleh Soleh
  • Tahun 2007 – 2013, Desa Jadi dipimpin oleh Sijadi al masyhadi
  • Tahun 20013 – Sekarang, Desa Jadi dipimpin oleh MUNIR

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Sinergi Program

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur. Tata Usaha Dan Umum Kaur Keuangan Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan Kasi Kesejahteraan Rakyat Kepala Dusun Tlogonongko

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung