Demografi

20 April 2014 18:21:56 Admin

Berdasarkan data Administrasi Pemerintahan Desa Jadi  tahun 2012 Adalah :

 

Kode PUM

35.23.15.2001

Desa/Kelurahan

JADI

Kecamatan

SEMANDING

Kabupaten/Kota

TUBAN

Provinsi

JAWA TIMUR

Bulan

12

Tahun

2012

Luas (Ha)

182.687 M2

Koordinat Bujur

112;0;0.460

Koordinat Lintang

6;55;44.500

Ketinggian DPL (M)

210  S/D 230 

Terluar di Kecamatan

Ya / Tidak

Terluar di Kabupaten/Kota

Ya / Tidak

Terluar di Provinsi

Ya / Tidak

Terluar di Indonesia

Ya / Tidak

 

 

 

Dari Data Tersebut diatas Secara Topografi ketinggian desa ini adalah berupa dataran tinggi yaitu sekitar 210 s/d 230 m di atas permukaan air laut, terletak di Kecamatan Semanding  Kabupaten Tuban Povinsi Jawa Timur memiliki luas administrasi 182.687 Ha,

Secara administratif, Desa Jadi  terletak di wilayah Kecamatan Semanding  Kabupaten Tuban dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga.

Di sebelah Utara berbatasan dengan desa Boto

Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Tegal Rejo

Di sisi Selatan berbatasan dengan Desa Gesikan

Di sisi timur berbatasan dengan Prunggahan Kulon

Jarak tempuh Desa Jadi. ke ibu kota kecamatan adalah 9 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20  menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 13 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit.

Pola pembangunan lahan di desa Jadi lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu palawija (  kacang, jagung ) dengan penggunaan pengairan tadah hujan.

     Aktifitas mobilisasi di Desa Jadi cukup tinggi, khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber-sumber kegiatan ekonomi lainnya.  Selain itu juga didukung fasilitas pendidikan serta fasilitas Kesehatan berupa Poskesdes yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

Namun demikian masih banyak permasalahan yang akhirnya menimbulkan masalah-masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran dan kenakalan remaja.  Hal tersebut terjadi karena keberadaan potensi yang ada di desa  kurang ditunjang oleh infrastruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang memenuhi, misalnya keberadaan lahan pertanian yang luas di Desa Jadi  tidak bisa mengangkat derajat hidup petani karena produktifitas pertaniannya tidak maksimal bahkan relatif rendah.  Hal tersebut disebabkan karena sarana irigasi yang kurang memadai serta sumberdaya para petani baik yang berupa modal maupun pengetahuan tentang sistem pertanian modern yang relatif masih kurang.  Akibatnya banyak masyarakat petani yang taraf hidupnnya masih dibawah garis kemiskinan.

 

2.1.2.I.  PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN

 

  1. A. Jumlah Penduduk

 

Jumlah

Laki-laki

(Orang)

Perempuan

(Orang)

Jumlah penduduk tahun ini

5294

5259

Jumlah penduduk tahun lalu

5251

5232

Persentase perkembangan

0,81 %

00,51%

 

  1. B. Jumlah Keluarga

 

Jumlah

KK Laki-laki

KK Perempuan

Jumlah Total

Jumlah Kepala Keluarga tahun ini

2496

419

2915

Jumlah Kepala Keluarga tahun lalu

2415

338

2753

Persentase Perkembangan

3,2%

19,1%

5,55%

 

2.1.2.2.  PENDIDIKAN MASYARAKAT

Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang pada peningkatan perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru, sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Dari di atas menunjukan bahwa mayoritas penduduk Desa Jadi hanya mampu menyelesaikan sekolah di jenjang pendidikan tingkat SMA. Dalam hal kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadai dan mumpuni, keadaan ini merupakan tantangan tersendiri.

Rendahnya kualitas tingkat pendidikan di Desa Jadi, tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Jadi baru tersedia di tingkat pendidikan dasar 9 tahun (SD  ), sementara untuk pendidikan tingkat menengah ke atas berada di tempat lain yang relatif jauh.

Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Jadi  yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik di Desa Jadi. Bahkan beberapa lembaga bimbingan belajar dan pelatihan yang pernah ada tidak bisa berkembang. 

Komentar

haji salim 12 November 2018 13:09:39
waalaikumsalam...setuju sekali seperti desa desa tetangga yang memberikan info 2 untuk warganya pada khususnya dan masyarakat lain pada umumnya
imelda 23 Juni 2018 14:41:34
Assalamualaikum. informasi mengenai desa ini sudah baik, namun akan lebih baik apabila informasi ini di update setiap tahun. Terimakasih

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Sinergi Program

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur. Tata Usaha Dan Umum Kaur Keuangan Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan Kasi Kesejahteraan Rakyat Kepala Dusun Tlogonongko

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung