Pesona Jembatan Selang Jadi

04 November 2017 22:26:32 Admin Berita Desa

Dusun Selang, Desa Jadi, Kecamatan Semanding,Kabupaten Tuban memiliki pesona alam yang menarik untuk dikunjungi, ditambah lagi dengan adanya bangunan bersejarah yakni, jembatan tua dari kayu yang menjadi daya pikat untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Dengan jalan yang saat ini baru diproyeksikan akan dibangun untuk diaspal, maka semakin mudah akses jalan menuju jembatan jembatan tua itu, kendati demikian terdapat kemungkinan jembatan tersebut dibangun secara permanen. Sehingga akan melunturkan nilai sejarah yang terkandung dijembatan tersebut.

Jembatan Tua yang terbuat dari kayu sepanjang 30 meter ini memperkuat bukti sejarah dimana Dusun Selang, Desa Jadi dulunya tidak lepas dari jamahan kolonial belanda. Jembatan tua tersebut menjadi jembatan penghubung antara Dusun Selang, Desa Jadi, Kecamatan Semanding dengan Dusun Becok, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak.

Dari keterangan Kepala Dusun (Kadus) Siswanto selaku pemangku Dusun Selang mengatakan jembatan tua tersebut merupakan akses jalan satu-satunya warga Dusun Selang untuk mencapai ke-Kecamatan Merakurak. Belum tahu pembangunan jembatan itu tahun kapan yang jelas jembatan itu peninggalan Kolonial Belanda.

"Awal mulanya Jembatan Tersebut kayunya dari kayu jati pilihan yang sangat bagus dan mempunyai tebal hingga 10 centimeter, berhubung pada tahun 2009 ada renovasi total kayu dari jembatan itu diganti,"ungkap Kadus Selang kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan bahwa bangunan jembatan tua dari kayu tersebut berada tepat di perbatasan sekaligus menjadi perbatasan antara Kecamatan Semanding dan Juga Kecamatan Merakurak di bagian selatan berada di wilayah Dusun Selang, Desa Jadi, Kecamatan Semanding dan di bagian utara berada di wilayah Dusun Becok, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak.

Dengan berada diketinggian 30 meter dari dasar sungai Kalipang, jembatan tersebut setiap hari libur ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun dari luar daerah, mereka datang sekedar untuk berfoto-foto sekaligus menikmati keindahan sejarah bangunan jembatan tua itu.

"Setiap hari Sabtu dan Minggu pengunjung ramai, dari kawasan Tuban hingga luar Tuban seperti Mojokerto, Bojonegoro dan Gresik," ujarnya.[hud/ito]

Sumber : bloktuban.com

Komentar

Andhika Nur Afian 09 November 2017 17:21:59
Keren tempatnya, bagus untuk spot fotogtafi

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Sinergi Program

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur. Tata Usaha Dan Umum Kaur Keuangan Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan Kasi Kesejahteraan Rakyat Kepala Dusun Tlogonongko

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung