16 Maret 2022 13:52:23
Ditulis oleh Eko Astro Endro Tanoyo

PENYERAHAN BLT DD TAHUN 2022 TRIBULAN 1 UNTUK KPM DESA JADI

Hari Selasa, ‎08 ‎Maret ‎2022,  telah dilaksanakan Penyerahan  Bantuan Langsung Tunai atau disingkat BLT adalah program bantuan pemerintah berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya, baik bersyarat (conditional cash transfer) maupun tak bersyarat (unconditional cash transfer) untuk masyarakat miskin.  Besaran dana yang diberikan dan mekanisme yang dijalankan dalam program BLT sudah ditetapkan minimal 40 �LAM Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022.

Indonesia juga merupakan negara penyelenggara BLT, dengan mekanisme berupa pemberian kompensasi uang tunai, pangan, jaminan kesehatan, dan pendidikan dengan target pada tiga tingkatan: hampir miskin, miskin, sangat miskin. BLT dilakukan pertama kali pada tahun 2005, berlanjut pada tahun 2009 dan di 2013 berganti nama menjadi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Program BLT diselenggarakan sebagai respon kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dunia pada saat itu, dan tujuan utama dari program ini adalah membantu masyarakat miskin untuk tetap memenuhi kebutuhan hariannya. Dalam pelaksanaannya, program BLT dianggap sukses oleh beberapa kalangan, meskipun timbul kontroversi dan kritik.

Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tribulan 1 (Januari, Pebruari ,Maret) dibagikan kepada masyarakat Desa sejumlah 122  KPM  berdasarkan Hasil Musdes Tahun 2021, yang dimana pada tahun lalu berjumlah 94 KPM dan tahun ini bertambah 28 kpm menjadi 122 untuk memenuhi kewajiban 40 �ri dana desa adalah untuk BLT DD.

dimana dilaksanakannya Pembagian BLT tersebut diserahkan di Balai Desa Jadi, dengan didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas Desa, Serta BPD dan Kepala Desa Jadi Selaku Kordinator Penyerahan Bantuan Langsung Tunai dan di setiap rumah KPM ditempel Setiker Keluarga penerima BLT DD..

Maksud dan tujuan pelaksanaan BLT-DD adalah dalam rangka membantu masyarakat miskin terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat.

Sasaran penerimanya adalah keluarga miskin yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Kartu Pra Kerja, Tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup, dan Penderita sakit kronis/rentan.

Penerima BLT-DD di Desa Jadi Kedepan akan disalurkan Selama 1 Bulan sekali, dan besaran per bulan sebesar Rp 300.000,- dengan metode penyaluran secara tunai.

Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meringankan beban warga terutama dalam masa pandemi Covid-19 dan dapat dipergunakan sebaik mungkin.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus